04 Oktober 2019

Wapres Jusuf Kalla: Program Komunitas Sehat, Menuju Hidup Sehat

Wapres Jusuf Kalla: Program Komunitas Sehat, Menuju Hidup Sehat

Wapres RI Jusuf Kalla pada acara diskusi media FMB 9 dengan topik Peluncuran Program Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit di kampus FKUI Salemba, Jumat (4/10/2019) Foto: JPP

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Harapan positif program komunitas sehat dapat disebarkan dan menjadi kegiatan masyarakat untuk hidup sehat," tukas Wapres RI Jusuf Kalla pada acara diskusi media FMB 9 dengan topik Peluncuran Program Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit di kampus FKUI Salemba, Jumat (4/10/2019)

Menurut Jusuf Kalla, hidup sehat dimulai dari kebiasaan memproduksi dan mengkonsumsi makanan."Bagaimana kita bisa seimbang mengkonsumsi minyak goreng? Bagaimana sosialisasi ke pedagang dan masyarakat untuk memberitahu jangan menggunakan minyak goreng berulang kali. Meski goregan tidak masalah selama tidak terlalu banyak, yang penting ada keseimbangan," tambahnya lagi.

Jusuf Kalla menyampaikan pada kesempatan tersebut bahwa program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit ini sangat strategis. "Sehingga kita bisa mengenalkan lagi masalah -masalah kesehatan ke masyarakt agar mereka paham masih ada penyakit yang tak menular tapi sangat menrunkan kinerj dari para penderitanya," tukasnya lagi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meresmikan Komunitas dan Kampus Sehat di lingkungan kampus Universitas Indonesia (UI). UI menjadi kampus percontohan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat serta menggiatkan Promosi Kesehatan dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di tengah-tengah mahasiswa dan sivitas akademika lainnya. Peresmian Komunitas dan Kampus Sehat tersebut dilaksanakan pada Jumat (4/10/2019) di Gedung IMERI, kampus UI Salemba.

Wapres Jusuf Kalla didampingi Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, dan Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB hadir dalam Talkshow Kesehatan Pencegahan Penyakit Tidak Menular serta mengunjungi Posbindu FKUI (Pos Binaan Terpadu Fakultas Kedokteran UI).

Posbindu merupakan bagian dari program Komunitas dan Kampus Sehat – yang diharapkan mampu mereplikasi upaya deteksi dini di kampus. UI memiliki 20 pusat Posbindu yang dilayani oleh 140 kader kesehatan yang tersebar di seluruh fakultas, program, sekolah serta kantor-kantor di UI Salemba maupun Depok.

Para kader Posbindu di UI merupakan para staf pengajar dan tenaga kependidikan UI yang telah dibekali pelatihan oleh Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI serta akan diperlengkapi dengan infokit dan alat-alat pemeriksaan kesehatan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Rektor UI Prof. Muhammad Anis menuturkan, “Tidak hanya mencetak mahasiswa yang unggul di bidang akademik, UI juga ingin menghasilkan lulusan yang sehat baik jasmani maupun rohani. Segala bentuk upaya tengah UI rintis guna mencapai gagasan healthy university framework -  seperti yang diusung oleh AUN (ASEAN University Network) maupun Kementerian Kesehatan RI dan TNP2K.

Kampus UI didominasi oleh kelompok usia produktif, untuk itu kami merasa sangat penting mengalakkan program prevention dan promotion kesehatan – khususnya Penyakit Tidak Menular di komunitas, tempat kerja dan kampus.

"Kami sangat bangga Bapak Jusuf Kalla dapat hadir dan mendukung program ini. Adapun program ini bertujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat, mengelola kantin sehat untuk menjamin nutrisi baik, dan menggalakan upaya monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang bagi mahasiswa, dosen, staf, maupun warga UI lainnya.  Diharapkan UI dapat menjadi Universitas percontohan sebagai Universitas Sehat untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul,” pungkas Muhammad Anis.   Posbindu adalah wadah intervensi kesehatan yang dibangun oleh masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Seluruh Posbindu di lingkungan kampus UI difasilitasi oleh Klinik Satelit UI yang dikepalai oleh Dr. dr. Dhanasari Vidiawati Sanyoto, M.Sc., CM-FM., Sp.DLP. atas dukungan Kemenkes RI dan TNP2K.

Adapun kegiatan yang dilakukan di Posbindu UI adalah screening & pemeriksaan fisik yang terdiri atas Pengukuran BMI (Body Mass Index – Indeks Massa Tubuh), Pemeriksaan darah untuk mengetahui tekanan darah, gula darah, serta kolesterol, Pemeriksaan Lingkar Perut, dan Tekanan darah. Selain mendirikan Posbindu, UI juga menggelar program Seminar Kesehatan setiap bulan yang diperuntukkan bagi sivitas akademika UI. Program Komunitas dan Kampus Sehat merupakan inisiatif dari Kementerian Kesehatan RI dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Program Kampus Sehat merupakan arahan dari Kementerian Kesehatan RI yang diharapkan dapat menggerakan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat dengan terlibat langsung dalam upaya-upaya promotif, dan preventif,di lingkungan perguruan tinggi. UI senantia berupaya mendukung Program Kampus Sehat agar terbentuk lingkungan yang bersih, sehat dan aman, dengan memiliki sistem pengelolaan sampah dan limbah yang baik, sarana dan prasarana yang memenuhi standar keamanan, kesehatan dan ramah disabiltas terdapat kantin sehat yang menyajikan menu sehat yang bervariasi. (Sumber :JPP)


Artikel Sebelumnya
Hari Jantung Sedunia (hjs) Tahun 2019 : Jantung Sehat, Sdm Unggul
Artikel Selanjutnya
Katarak Penyebab Tertinggi Kebutaan Di Indonesia

Upcoming Agenda
03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

12 November 2019

Hari Kesehatan Nasional 2019

29 Oktober 2019

Hari Psoriasis Sedunia 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia