LOMBA CIPTA VIDEO PENDEK DALAM RANGKA PERINGATAN HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA 2018

Dalam rangka peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2018, Kementerian Kesehatan mengadakan lomba cipta kreasi video pendek HTTS 2018 dengan tema #RokokBikinSakitHati dan pilihan Subtema :

  • Asap Rokok Bikin Sakit Hati
  • Jajan Rokok Bikin Sakit Hati
  • Sakit karena rokok, bikin sakit hati
  • Iklan rokok, jebak aku jadi perokok
  • Keluarga merokok, bikin sakit hati
  • Rokok bikin aku kecanduan

Peserta lomba cipta video pendek HTTS 2018 adalah pelajar SMP/SMA/Sederajat di seluruh wilayah Indonesia atau berumur < 20 tahun yang diharapkan dapat menggambarkan pemahaman mengenai bahaya rokok di masyarakat, sehingga dapat memberikan informasi pentingnya mencegah penyakit akibat rokok  dan bahaya penggunaan tembakau sejak usia dini.

Tujuan Lomba Cipta Video Pendek HTTS 2018

1. Meningkatkan kepedulian remaja terhadap masalah pencegahan konsumsi rokok/Vape/Shisha di lingkungan keluarga dan masyarakat secara khusus dan masalah penyakit tidak menular secara umum.

2. Untuk membuka ruang partisipasi pelajar dalam upaya pengendalian rokok khususnya di lingkungan keluarga, sekolah dan  masyarakat

3. Menghasilkan video-video yang menggambarkan pemahaman siswa mengenai bahaya konsumsi/ vape/shisha rokok dan pentingnya menghindari asap rokok serta bagaimana mencegah terjadinya penyakit akibat rokok baik pada diri sendiri, orang lain, keluarga dan masyarakat.
 

Tata Cara Lomba Cipta Video Pendek HTTS 2018

1. Lomba cipta video pendek HTTS 2018 terbuka untuk pelajar SMP/SMA/sederajat di seluruh wilayah Indonesia

2. Peserta tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti lomba cipta video pendek HTTS 2018

3. Video dibuat dengan durasi 3 menit, sarat makna, penuh kreativitas dan sesuai dengan tema yang ditentukan.

4. Bahasa yang dipergunakan di dalam keseluruhan video adalah bahasa Indonesia. Jika menggunakan daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam bahasa Indonesia.

5. Video dibuat dalam bentuk film singkat dengan format MP4 video, 3GP atau FLV dengan kapasitas maksimal 16 MB diunggah di youtube dan akun facebook Layanan Ubm.

6. Tautan formulir pendaftaran, syarat dan ketentuan lengkap dapat diakses di website p2ptm.kemkes.go.id , Facebook Layanan Ubm, Bio Instagram @layananubm, twitter @layanan_ubm dan lain-lain.

7. Karya video pendek yang diikut sertakan belum pernah dipublikasikan atau dikirimkan ke pihak manapun ataupun memenangi penghargaan dalam lomba apapun.

8. Karya video pendek yang diikut sertakan merupakan karya baru, original, bukan hasil jiplakan dan/atau mengambil hak cipta orang lain.

9. Membuat surat pernyataan bermaterai bahwa Video pendek yang diikutsertakan dalam lomba adalah karya asli, bukan hasil karya orang lain.

10. Peserta bersedia untuk mengirimkan file video asli .

11. Peserta wajib mengirimkan formulir pendaftaran, surat pernyataan beserta video pendek yang akan diikutsertakan dalam lomba cipta video pendek HTTS 2018 ke alamat email  lombavideopendekhtts2018@gmail.com

12. Dengan mengunggah dan mengisi formulir sesuai kriteria/syarat yang ditentukan berarti pengunggah telah terdaftar secara otomatis di lomba ini dan bertanggung jawab penuh atas video pendek yang diunggah.

13. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai video pendek yang di upload bila terjadi penuntutan kepemilikan ataupun tuntutan kehilangan hak cipta atas video pendek yang di upload dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta pengupload maupun pihak lain

14. Panitia berhak mendiskualifikasi video pendek peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.

15. Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.

 

Syarat dan Ketentuan

1. Peserta wajib mengikuti (Follow) dan menyukai (like) sosial media yang dimiliki oleh Layanan UBM yaitu antara lain twitter @layanan_ubm, Facebook Layanan Ubm, Instagram @layananubm

2. Jumlah peserta yang bisa mengikuti lomba mimimal perseorangan dan kelompok boleh maksimal 5-6 orang terdiri dari Produser, Sutradara, Penulis Skrip, Editor, dan Kameramen (Untuk pemenang maksimum hanya dua orang yang akan diberikan pelatihan apabila video merupakan karya kelompok dengan anggota yang lebih besar)

3. Video diambil dengan segala jenis kamera (DSLR, pocket, mirrorless, handphone, dan lain-lain).

4. Video dibuat dengan durasi 3 menit, sarat makna, penuh kreativitas dan sesuai dengan tema yang ditentukan.

5. Video yang diunggah harus disertai judul dan keterangan singkat dengan maksimum 140 karakter huruf.

6. Judul video bebas sesuai tema yang ditentukan dan ekspresif dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

7. Video yang diikutsertakan adalah video yang diambil pada tahun 2018 di berbagai lokasi di wilayah Indonesia sesuai dengan tema lomba.

8. Video dibuat dalam bentuk film singkat dengan format MP4 video, 3GP atau FLV dengan kapasitas maksimal 16 MB dikirimkan ke alamat email lombavideopendekhtts2018@gmail.com

9. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas video (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna) tanpa merubah keaslian video.

11. Video yang diunggah ke facebook dan youtube tidak boleh mengandung unsur bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, kesusilaan , moral, perdukunan/mistik, dan SARA (Suku, Agama dan Ras) tertentu, kekerasan, hoax dan promosi produk komersial serta tidak mengandung unsur pornografi.

12. Original video harus sama identik dengan yang diupload.

13. Apabila dikemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut, panitia akan berasumsi bahwa seluruh film yang diikutsertakan karya orisinil peserta.

14. Dengan mengunggah karya video di Youtube dan Facebook Layanan Ubm berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia.

15. Ceritakan Konsep Video pendek tersebut berupa Ide, Judul dan Sinopsis yang diketik di kertas A4 font Arial Size 14 dan dikirimkan melalui email lombavideopendekhtts2018@gmail.com, sinopsis singkat diisi dalam formulir

16. Peserta menyertakan Surat Pernyataan Tertulis Bermaterai yang menyatakan “Video Pendek ini merupakan karya sendiri, tidak menjiplak atau meniru hasil karya orang lain” serta mengirimkannya melalui email hasil scan pernyataan tersebut ke lombavideopendekhtts2018@gmail.com,.

17. Peserta mengirim scan Fotocopy KTP atau kartu identitas pelajar melalui email lombavideopendekhtts2018@gmail.com

18. Peserta mengisi biodata untuk korespondensi secara lengkap pada formulir pendaftaraan. Formulir dapat di download di :

https://drive.google.com/drive/u/2/my-drive

Ketentuan Tambahan

1. Panitia berhak menggunakan video peserta yang berkaitan dengan publikasi termasuk repost dan retweet serta publikasi di media sosial.

2. Video pemenang lomba akan diikutsertakan dalam kegiatan kampanye publik tentang Penyakit Tidak Menular (PTM).

3.Hak cipta video tetap pada videografer, tetapi yang berkaitan dengan kampanye publik ada pada Direktorat Pencegahan dan Pengendalian PTM (P2PTM) Kementerian Kesehatan.

4. Pemenang lomba akan dihubungi secara langsung oleh pihak panitia.

  1. Jadwal Lomba
  • Pengiriman video pendek dimulai pada tanggal 14 Mei 2018 dan paling lambat pada 30 Juni 2018
  • Seleksi dilaksanakan pada tanggal 2-14 Juli 2018
  • 20 Nominator akan diumumkan pada tanggal 16 Juli 2018
  • 20 Peserta terpilih (nominator) akan mendapatkan pelatihan cara pembuatan video pendek oleh pakar di Bali
  • Pelatihan diselenggarakan pada minggu ke tiga bulan Juli 2018
  • Pengiriman perbaikan video pendek nominator sampai dengan tanggal 3 Agustus 2018
  • Penjurian akhir diselenggarakan minggu ke 4 bulan Agustus 2018
  • Pengumuman pemenang pada tanggal ...  September dapat dilihat di halaman facebook layanan ubm. Pemenang  juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.
  • Penyerahan hadiah dan sertifikat penghargaan akan dilaksanakan pada penyelenggaraan saat Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT) pada awal bulan September 2018 di Bali.
2. Hadiah
Hadiah untuk juara 1, 2, 3 berupa uang dengan nilai total jutaan rupiah, piagam penghargaan dan hadir pada  acara Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT) pada awal bulan September 2018 di BALI  

3. Kontak Panitia

Subdit Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Kementerian Kesehatan  RI

Jalan Percetakan Negara Nomor 29 Jakarta Pusat

Telepon (021) 4247608 atau 0800-177-6565

Email :  lombavideopendekhtts2018@gmail.com

Facebook :  Layanan Ubm

Twitter      : @layanan_ubm

Kontak Panitia : Risa Marlina Elsera WA 0896-9545-3021

                         Inna Mirza WA 0821-1300-7565

INFORMASI PENTING :

PANITIA MEMPERPANJANG WAKTU PENGIRIMAN VIDEO HINGGA TANGGAL 31 JULI 2018 PUKUL 24.00