15 Oktober 2019

Arika CERDIK atau Ayo Bergegas Berperilaku CERDIK bagi Staf Dinkes Kota Ambon

Arika CERDIK atau Ayo Bergegas Berperilaku CERDIK bagi Staf Dinkes Kota Ambon

Kegiatan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM di Posbindu Arika Cerdik Dinas Kesehatan Kota Ambon

Oleh : Frids Latukarlutu

Dinas Kesehatan Provinsi Maluku telah menyelenggarakan pelatihan  Posbindu Institusi pada tahun 2019. Sebagai tindak lanjut maka Dinas Kesehatan Kota Ambon membentuk Posbindu ARIKA CERDIK di lingkungan Dinas Kesehatan  Kota Ambon.

Langkah tersebut  merupakan komitmen dan sebagai langkah intensif dalam pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular di lingkungan kerja. Posbindu PTM di Dinas Kesehatan Kota Ambon ini diberi nama: "ARIKA CERDIK". Kata ARIKA diambil dari Bahasa Melayu Pasar (Bahasa melayu sehari-hari di Maluku) yang dimaknai sebagai "segeralah/ ayo bergegas. Demikian Arika Cerdik dimaknai sebagai Ajakan berperilaku CERDIK  yang merupakan perilaku hidup sehat mencegah penyakit tidak menular bagi seluruh staf Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Kegiatan perdana Posbindu Arika Cerdik berlangsung tanggal 6 September 2019, selain kegiatan deteksi dini faktor risiko PTM pada Posbindu, juga dilakukan pemerikaaan Lipid Panel 5 parameter dengan dukungan peralatan dan bahan habis pakai dari Direktorat P2PTM Kemenkes RI.

drg. Wendy Pelupessy, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, menyambut baik kegiatan Posbindu Arika Cerdik dan berharap kegiatan ini dapat bersinergi dengan kegiatan GERMAS, perlu ditambahkan kegiatan senam/ aktifitas fisik massal dalam kegiatan Posbindu Arika Cerdik.

Kegiatan Posbindu Arika Cerdik direncanakan terjadwal tiga bulan sekali sesuai dengan ketersedian bahan habis pakai  yang  mendapat dukungan pembiayaan dari APBD Kota Ambon.


Artikel Sebelumnya
Camat Sirimau Dukung Tiap Desa Di Wilayahnya Miliki Pobindu Di Tahun 2020

Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia