07 Agustus 2018

Provinsi Lampung adakan Review Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah dan Instansi

Provinsi Lampung adakan Review Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah dan Instansi
Oleh : DINAS KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG

Subdit Penyakit Kronis dan Gangguan Imunologi Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kembali melakukan kegiatan review implementasi KTR di sekolah pada Bulan Maret 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 kabupaten yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yaitu KabupatenTulang Bawang Barat, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pringsewu.

Lokasi Review di setiap kabupaten adalah 15 sekolah (4 buah SD/sederajat, 6 SLTP/sederajat dan 5 SLTA/sederajat) serta 5 instansi pemerintah.

HASIL REVIEW

  • Hasil yang diperoleh di Kabupaten Pringsewu : dari 15 sekolah yang direview, 12 sekolah (80%) diantaranya sudah KTR, 3 Sekolah yang tidak KTR terdiri dari 1 buah SLTP dan 2 SLTA. Dari hasil review yang dilakukan pada  intansi pemerintah Kab Pringsewu, yaitu Kantor Bupati, Kantor Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Gading Rejo, ternyata ada 1 instansi yang tidak KTR yaitu Kantor Bupati.
  • Di Kabupaten Tulang Bawang Barat, dari 15 sekolah yang direview, 14 sekolah (93,3%) sudah KTR, untuk hasil di instansi pemerintah, dari 5 lokasi yaitu Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Satpol PP, Bagian Umum Pemda, RSUD Tulang Bawang Barat dan Puskesmas Tumijajar, hanya Kantor Satpol PP yang tidak KTR.
  • Sementara di Kabupaten Lampung Barat, dari 15 sekolah yang direview, sebanyak 10 sekolah (66,7%) sudah KTR dan 5 sekolah tidak KTR (1 buah SD, 2 buah SLTP dan 2 SLTA/sederajat). Untuk review di instansi pemerinta, dari 5 lokasi yang direview, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kantor Satpol PP, RSUD Alimudin Umar dan Puskesmas Liwa.

REKOMENDASI

Setelah regulasi terbentuk kegiatan review sangat diperlukan (tim pembina dan pengawas harus terbentuk untuk penegakan Perda, terkait sangsi & reward yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kementerian Agama  dan Sekda sebagai pembina).


Artikel Sebelumnya
Kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Ptm Di 5 Kab/kota Di Provinsi Lampung Tahun 2018
Artikel Selanjutnya
Kegiatan Posbindu Di Tatanan Tempat Ibadah

Upcoming Agenda
24 Oktober 2018

Hari Dokter Nasional

20 Oktober 2018

Hari Osteoporosis Sedunia

19 Oktober 2018

Pra-HKN 54 Pasar Kramat Jati

10 Oktober 2018

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia