03 Oktober 2019

Layanan Upaya Berhenti Merokok Dinkes Kab. Pringsewu

Layanan Upaya Berhenti Merokok Dinkes Kab. Pringsewu

Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE., M.Kom., Akt., CA., CMA berfoto bersama Narasumber dan Peserta Workshop Upaya Berhenti Merokok Dinkes Kab. Pringsewu di Hotel Regency Tgl 25-27 September 2019

Oleh : PTM Kabupaten Pringsewu

Layanan Upaya berhenti merokok penting dilakukan untuk menurunkan prevalensi perokok pemula usia <18th. Dinkes Kab. Pringsewu memandang perlu mengintervensi mengenai hal tersebut dengan menyelenggarakankegiatan Workshop bagi tenaga Kesehatan di Puskesmas.

Peningkatan Kapasitas Layanan Upaya Berhenti Merokok Bagi Tenaga Kesehatan Kabupaten Pringsewu diselenggarakan selama 3hari, dari tanggal 25-27 September 2019 di hotel Regency Pringsewu yang di ikuti oleh 14 peserta dari 13 Puskesmas.

Target peserta adalah pengelola program penyakit tidak menular dan pengelola UKS di Puskesmas seluruh Kabupaten Pringsewu.

Dalam kesempatan narasumber pelatih diantaranya dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr. Sri Aryanti, MM., M.kes.

Narasumber Kab. Pringsewu yaitu dr. Nofli Yurni,M.Kes, Dwi Rahmawati, S.Kep, Berliana Situmeang, SKM, M.Epid,dan Suci Fujiyani, S.ST.

Pembiayaan kegiatan ini berasal dari APBD Perubahan Tahun 2019 - kegiatan peningkatan kawasan tanpa rokok yang diselenggarakan oleh Bidang P2P Seksi P2PTM, Jiwa dan Napza pada Dinas Kesehatan Kab. Pringsewu.

Tujuan utama Workshop untuk menjawab indikator RPJMN Bidang Kesehatan Tahun 2015-2019 yang salah satunya adalah menurunkan prevalensi penduduk usia <18 tahun.

Adapun Materi workshop adalah :

1. Layanan upaya berhenti merokok di FKTP

2. Layanan berhenti merokok melalui quitline

3. Skrinning merokok bagi siswa sekolah usia <18th.

4. Legalitas dengan Peraturan Mendikbud No. 64/2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE., M.Kom., Akt., CA., CMA berdialog dengan para peserta dan mencoba alat Smooker analyzer. Yaitu alat untuk mengukur kadar Co dalam paru-paru seseorang dan hasilnya paru-paru Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE., M.Kom., Akt., CA., CMA terlihat normal dan sehat dengan hasil sebesar 3PPM masih dalam indikator hijau (aman), dimana indikator hijau tertinggi adalah 6PPM.

Pemeriksaan Co Analyzer dilakukan oleh peserta yang mengikuti workshop UBM. diharapkan setelah kegiatan ini para peserta dapat mengimplementasikan kegiatan UBM di wilayah kerja masing-masing.


Artikel Sebelumnya
Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Di Sekolah Wilayah Upt. Puskesmas Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun 2019
Artikel Selanjutnya
Sosialisasi Ubm Dan Skrinning Kadar Co Di Smk Negeri Sukoharjo Bekerjasama Dengan Upt Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo

Upcoming Agenda
03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

12 November 2019

Hari Kesehatan Nasional 2019

29 Oktober 2019

Hari Psoriasis Sedunia 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia