02 Mei 2019

Kota Metro adakan Mobile Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dengan Metode IVA

Kota Metro adakan Mobile Deteksi Dini Kanker Leher Rahim  dengan Metode IVA

Para ibu peserta deteksi dini kanker leher rahim se Kecamatan Kota Metro dan petugas kesehatan bersama Seksi P2PTM Keswa berfoto bersama dengan berpose memperlihatkan simbol C yang berarti gaya hidup CERDIK (Kota Metro Lampung, April 2019)

Oleh : Dinas Kesehatan Kota Metro

Dinkes Kota Metro selenggarakan kegiatan Mobile Deteksi Dini Kanker Leher Rahim  Melalui Pemeriksaan Iva Se-Kecamatan Kota Metro Provinsi Lampung Tahun 2019 sebagai langkah  pengendalian kanker serviks dan kanker payudara 

Berdasarkan data WHO penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, dimana kanker sebagai penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13% setelah penyakit kardiovaskular.  Setiap   tahun 12 juta orang di  dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya  meninggal dunia. Diperkirakan pada 2030 kejadian tersebut dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker, terlebih untuk negara miskin dan berkembang kejadiannya akan lebih cepat.

Kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim. Berdasarkan estimasi Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, insidens kanker di Indonesia 134 per 100.000 penduduk dengan insidens ertinggi pada perempuan adalah kanker payudara sebesar 40 per 100.000 diikuti dengan kanker leher rahim 17 per 100.000 dan kanker kolorektal 10 per100.000 perempuan.Sedangkan dari  data Sistem Informasi Rumah Sakit 2010, kasus rawat inap kanker payudara 12.014 kasus (28,7%), kanker leher rahim 5.349 kasus (12,8%).

Target pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim Kota Metro sendiri sampai dengan tahun 2019 masih belum tercapai. Permasalahan yang menonjol antara lain masih kurangnya kesadaran masyarakat (Pasangan Usia Subur) yang mau melakukan pemeriksaan IVA dengan alasan malu dan  rasa takut yang  menghantui para ibu  jika mendapatkan hasil pemeriksaan IVA positif.

Melihat situasi tersebut Dinas Kesehatan Kota Metro melalui Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa melakukan terobosan dengan Kegiatan Mobile Pemeriksaan IVA Se-Kecamatan Kota Metro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di  puskesmas  dalam wilayah kerja  setiap kecamatan  dengan didahului   sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim, setelah itu dilakukan pemeriksaan IVA tes pada  para ibu PUS peserta yang hadir.

Puskesmas merupakan  ujung tombak kegiatan program deteksi dini kanker leher rahim yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Untuk keberhasilan dan pencapaian target maka perlu   kerjasama dan koordinasi yang baik dengan Lintas Program dan Lintas Sektor.

Tujuan kegiatan diharapkan masyarakat paham mengenai pentingnya pemeriksaan sedini mungkin kanker payudara dan kanker leher rahim sebagai  Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Metro.Meningkatkan target jumlah sasaran pemeriksaan IVA / Pap Smear di Kota Metro dengan melibatkan Lintas Program dan Lintas Sektor di Kota Metro dan didapatkannya pemecahan masalah dalam pelaksanaan program pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM)

Kegiatan Mobile  Deteksi Dini Kanker Leher Rahim  melalui Pemeriksaan IVA ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2017 dan pada tahun 2019 ini dilaksanakan pada tanggal 15, 18, 25, 26, 26 April 2019 yang bekerjasama dengan Lintas Program, Lintas Sektor serta Perusahaan Swasta di Kota Metro.  

Kami mengharapkan kegiatan ini dapat membawa maanfaat bagi masyarakat di Kota Metro khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) agar  dapat menurunkan angka Prevalensi Penyakit Kanker Leher Rahim serta meningkat Cakupan Program Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Kota Metro Provinsi Lampung.

 

 

 

 

 


Artikel Sebelumnya
“gemindu” (gerakan Mobile Posbindu) Puskesmas Metro - Lampung
Artikel Selanjutnya
Metro Lampung Gelar Sosialisasi Faktor Risiko Ptm Dan Deteksi Dini Ptm

Upcoming Agenda
14 November 2019

Hari Diabetes 2019

12 November 2019

Hari Kesehatan Nasional 2019

29 Oktober 2019

Hari Psoriasis Sedunia 2019

29 Oktober 2019

Hari Stroke Sedunia 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia