20 April 2020

Aktivitas Fisik di Masa Pandemi COVID-19 Bagi Orang dengan Faktor Risiko PTM (2)

Aktivitas Fisik di Masa Pandemi COVID-19 Bagi Orang dengan Faktor Risiko PTM (2)

P2PTM Kemenkes RI

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Latihan aerobik

Latihan aerobik disebut juga latihan kardiorespirasi karena melatih jantung dan paru yang bermanfaat untuk:

  • Melambatkan denyut nadi hingga fungsi kerja jantung lebih baik

  • Melebarkan atau membuka pembuluh darah yang membuat tekanan darah menurun

  • Meningkatkan pembakaran lemak yang baik untuk penderita kolesterol tinggi dan obesitas

Contoh Beberapa Latihan Aerobik di Rumah:

Jalan cepat sekeliling rumah; Naik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit, 2-3 kali sehari; Senam aerobik; Loncat tali; Olahraga dengan sepeda statis atau treadmill.

Latihan anaerobik

Latihan anaerobik bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan perabotan rumah.

Seperti kursi, sofa, meja, dan tempat tidur. Bahkan dinding pun bisa dipakai untuk melatih kekuatan otot, seperti untuk wall push up, yaitu push up sambil berdiri dengan dinding sebagai landasan untuk menggantikan lantai.

Contoh Beberapa Latihan Anaerobik di Rumah:

Push up; Squat (jongkok - berdiri); Lunges; Crunches

Sumber : PDSKO


Artikel Sebelumnya
Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Orang Dengan Faktor Risiko Ptm (1)
Artikel Selanjutnya
Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Orang Dengan Faktor Risiko Ptm (3)

Upcoming Agenda
31 Mei 2020

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020

25 Mei 2020

Hari Tiroid Sedunia 2020

17 Mei 2020

Hari Hipertensi Sedunia, 17 Mei 2020

10 Mei 2020

Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2020

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia