06 Oktober 2018

Sosialisasi Peningkatan Posbindu PTM dan Pembekalan Kader Posbindu di Provinsi Bengkulu

Sosialisasi Peningkatan Posbindu PTM dan Pembekalan Kader Posbindu di Provinsi Bengkulu

Sosialisasi Posbindu PTM di Kab. Rejang Lebong

Oleh : Henny Kusmeita

Pengembangan Posbindu PTM merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan dan mencakup berbagai upaya promotif dan preventif. Masyarakat diberi bimbingan dalam mengembangkan wadah untuk berperan, dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk mengenali masalah di wilayahnya, mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahannya sendiri berdasarkan prioritas dan potensi yang ada. Dalam menentukan prioritas masalah, merencanakan, melaksanakan, memantau dan menilai kegiatan, masyarakat perlu dilibatkan sejak awal. Potensi dan partisipasi masyarakat dapat digali dengan maksimal, sehingga solusi masalah lebih efektif dan dapat menjamin kesinambungan kegiatan.

Untuk mendukung hal tersebut, Seksi P2PTM dan Keswa Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi peningkatan posbindu PTM di kabupaten/kota yang dapat menggerakkan masyarakat untuk pembentukan Posbindu PTM di wilayahnya.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Posbindu PTM bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM dalam rangka menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat PTM.

Sasaran kegiatan ini adalah Lintas Sektor (Kades/Lurah, Camat, PKK, Karang Taruna, BKPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kemenag, Kader Desa, Forum Kota Sehat), Kepala Puskesmas di Kabupaten/Kota, dan Lintas Program (Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Kab/Kota).

Narasumber yang menyampaikan materi selain dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten, juga mengundang narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang menyampaikan materi tentang Penggunaan Dana Desa Bagi Kesehatan.

Pada kegiatan ini seluruh peserta sepakat untuk terbentuknya dan terlaksananya kegiatan posbindu secara mandiri dan berkesinambungan di wilayah masing-masing. Puskesmas akan melakukan pembinaan Posbindu PTM pada masyarakat di desa wilayah kerjanya. Dinas Kesehatan Kabupaten akan melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Posbindu PTM di wilayahnya.

Penyelenggaraan Posbindu PTM dilakukan oleh petugas pelaksana posbindu PTM yang berasal dari Kader kesehatan yang telah ada atau beberapa orang dari masing-masing kelompok/organisasi/lembaga/tempat kerja yang bersedia menyelenggarakan posbindu PTM. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Peningkatan Posbindu PTM, maka perlu dilakukan pembekalan kader posbindu PTM yang dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif melakukan deteksi dini faktor risiko PTM melalui Posbindu PTM di wilayahnya masing-masing.

Sasaran kegiatan ini adalah kader posbindu PTM dari 5 desa di wilayah puskesmas Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Kepahyang sebagai percontohan.

Pada kesempatan ini para kader posbindu PTM mendapatkan materi tentang Upaya Pengendalian Faktor Risiko PTM, Posbindu PTM, dan Pengukuran Fakto Resiko PTM. Kader Posbindu PTM dilatih secara khusus, dibina atau di fasilitasi untuk melakukan pemantauan faktor risiko PTM sehingga diharapkan mampu melakukan deteksi dini faktor risiko PTM melalui Posbindu PTM secara mandiri.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan terutama pada sesi materi praktek pengukuran faktor risiko ptm.

Peran masyarakat serta dukungan dari lintas sektor, tenaga kesehatan serta kader posbindu PTM diperlukan untuk memperluas cakupan kegiatan Posbindu PTM sehingga hasil yang dicapai akan bermakna dan berdaya ungkit besar dalam menekan angka kesakitan dan kematian akibat PTM.


Artikel Sebelumnya
Posbindu Ptm Khusus Di Dinkes Prov. Bengkulu

Upcoming Agenda
24 Oktober 2018

Hari Dokter Nasional

20 Oktober 2018

Hari Osteoporosis Sedunia

19 Oktober 2018

Pra-HKN 54 Pasar Kramat Jati

10 Oktober 2018

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia