12 Oktober 2019

Tips untuk mengontrol stres Anda

Tips untuk mengontrol stres Anda
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

  • Kenali perasaan Anda seperti marah, takut, sedih, iri, cemas, senang, dan lain-lain pada setiap situasi
  • Coba untuk mengerti apa yang menyebabkan perasaan tersebut
  • Perhatikan apa yang Anda lakukan terhadap orang lain dan diri sendiri ketika timbul perasaan tersebut
  • Sadari kemampuan dan keterbatasan Anda dalam menghadapi situasi tersebut dan cobalah untuk bersikap rasional
  • Kenalilah cara Anda mengatasi perasaan dan masalah, apakah berhasil atau tidak ?  Misalnya ketika Anda merasa marah, tanyakah pada diri Anda : Mengapa saya marah ? kepada siapa saya marah ? Apa yang biasanya saya lakukan ketika marah ? Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi rasa marah ?
  • Pelajari cara baru yang dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan Anda dalam mengatasi perasaan Anda, tanpa merugikan diri sendiri atau orang lain
  • Rencanakan cara yang positif untuk mengatasi perasaan ini selangkah demi selangkah.
  • Lakukan rencana Anda dan
  • Rencanakan kembali cara yang baru bila hasilnya kurang memuaskan.



Upcoming Agenda
19 September 2020

Seminar Kesehatan: Pengelolaan Pre-Diabetes di FKTP

23 September 2020

Seminar Kesehatan: Perokok dan Penyakit Tidak Menular

17 September 2020

Seminar Kesehatan: Indonesia Maju Menuju Zero Kelahiran Talasemia Mayor

12 September 2020

Seminar Kesehatan: Penanganan Hipertensi dan Diabetes Mellitus Sebagai Komorbid COVID-19

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia