22 Oktober 2018

Konsumsi kalsium untuk mencapai kepadatan tulang yang optimal

Konsumsi kalsium untuk mencapai kepadatan tulang yang optimal
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

99% kalsium tubuh berada di tulang : Konsumsi kalsium yang cukup, baik dari susu atau sayuran maupun dari suplemen.

Jika konsumsi kalsium tulang kurang maka pembentukan tulang baru akan terhambat dan puncak kepadatan tulang tidak tercapai dengan sempurna (tulang kurang padat).

Kalsium adalah nutrisi utama tapi jumlah yang dibutuhkan bervariasi sesuai dengan usia. Kalsium sangat diperlukan saat remaja, karena tulang tumbuh dengan cepat.

Jika Anak Anda sensitif pada Laktosa, susu kedelai kaya kalsium adalah pilihan yang baik. Makanan yang diperkaya dengan kalsium, sumber kalsium non-olahan susu dan suplemen kalsium seharusnya mencukupi pilihan makanan yang terbatas

Bahan makanan sumber kalsium selain susu : Ikan sardin, salmon, ikan yang dimakan bersama tulangnya (teri), makanan berbahan dasar kedelai (tahu,tempe,susu kedelai), kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan buah-buahan. 

Baca Juga 5 Langkah Untuk Tulang Sehat & Terhindar dari Patah Tulang



Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia