09 Oktober 2016

Makanan Super Pencegah Kanker Serviks

Makanan Super Pencegah Kanker Serviks
Oleh : aulia

Seperti kata pepatah “you are what you eat”, makanan-makanan super ini bisa Anda konsumsi (dan nikmati) sekaligus mencegah kanker serviks. Faktanya, kanker leher rahim (kanker serviks) termasuk dalam tiga jenis kanker utama yang paling sering dialami oleh wanita. Setidaknya sekitar 200.000 wanita meninggal setiap tahunnya akibat kanker serviks. Penyebabnya memang beragam, namun National Cancer Institute, menyebutkan salah satu dari tiga kematian akibat kanker serviks dikaitkan dengan pola makan yang salah. Fakta ini sungguh menyedihkan, karena sebenarnya kanker serviks dapat dicegah dengan makanan tertentu yang mengandung antioksidan dan bersifat dapat melawan zat kanker. Anda ingin mencegah kanker serviks dan mempertahankan kesehatan tubuh? Silakan mencoba beberapa makanan dan zat nutrisi berikut ini:

• Vitamin A, C, E, dan kalsium

Vitamin A, C, dan E, mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan secara tidak langsung juga mencegah kanker serviks. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan, pasien yang mengonsumsi multivitamin memiliki risiko kanker serviks yang lebih rendah. Kalsium dan asam folat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

• Vitamin B dan folat

Makanan kaya vitamin B dan asam folat juga harus sering dikonsumsi. Folat dapat menurunkan kadar homosistein, zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Makanan kaya vitamin V dan folat termasuk di antaranya brokoli, kembang kol, kubis, dll.

• Avokad

Avokad dikenal sebagai antioksidan dan karena kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Makan avokad dapat mencegah pertumbuhan kanker serviks.Kandungan lemak baiknya juga baik untuk tubuh.

• Makanan kaya antioksidan

 Antioksidan diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Makanan kaya antioksidan termasuk blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan. Makanan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.

• Wortel

 Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Makanan seperti cabai atau jalapeno juga diduga mampu menetralisir nitrosamin yang menyebabkan kanker serviks.

• Polifenol dan flavonoid

 Makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid seperti teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, tomat, dan paprika hijau diduga dapat mencegah kanker leher rahim dan menghambat pertumbuhan kanker. Tentu saja selain mengonsumsi makanan tersebut, masih ada serangkaian kebiasaan hidup sehat lain yang harus dilakukan oleh para wanita. Misalnya rajin berolahraga dan menghindari polusi, termasuk berhenti merokok. Satu hal yang tak kalah penting adalah rajin untuk memeriksakan diri secara berkala ke dokter.

200.000 wanita setiap tahun meninggal karena kanker serviks. Kanker serviks termasuk dalam tiga jenis kanker utama yang sering dialami wanita (sumber: National Cancer Institute).

Artikel Selanjutnya
Enam Langkah Sadari Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia