07 Desember 2016

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Gejalanya

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Gejalanya
Oleh : omeoo

Penyakit yang menyerang paru-paru sangatlah beragam dan semua jenis penyakit paru-paru bisa membahayakan kesehatan manusia. Berikut beberapa jenis penyakit paru-paru (ada yang menular) dan ada yang tidak menular yang patut Anda ketahui.

Paru-paru adalah organ yang berperan dalam sistem pernafasan, dimana terdapat pertukaran oksigen dan juga pertukaran karbondioksida di dalam darah. Proses pergantian oksigen dengan karbondioksida tersebut dinamakan dengan respirasi. Karena itulah Paru-paru adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Apabila fungsi paru-paru mengalami gangguan karena satu dan lain hal, maka otomatis sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia dan harus ditangani dengan seksama. Berikut adalah beberapa penyakit paru lengkap dengan penyebab dan penanggulangannya.

Tuberkulosis (TBC)

Penyebab: penyakit ini dapat menular melalu percikan ludah pada saat penderita bersin atau batuk. Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Gejala: batuk berdahak lebih dari 3 minggu, dan juga dapat disertai batuk berdarah. Selain itu penderita biasanya mengalami demam pada sore dan pagi hari, dan pada saat malam akan berkeringat. Nafsu makanpun akan menurun.

Pencegahan dan solusi: jika keluarga atau teman Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang TBC.

Kanker Paru-paru

Penyebab: meski banyak faktor penyebabnya namun asap rokok yang banyak mengandung zat beracun, adalah penyebab utama kanker paru-paru. Bukan hanya perokok aktif saja yang dapat terkena kanker paru-paru akan tetapi perokok pasif juga mempunyai resiko terserang kanker paru-paru, bahkan persentasenya lebih besar dibanding dengan perokok aktif. Kanker paru-paru dapat disebabkan oleh radiasi radio aktif, stres dan bahan kimia beracun.

Gejala: sakit pada dada, batuk berdarah, sesak napas, berat badan menurun, mudah lelah. Sama seperti kanker lainnya, gejala umumnya baru terlihat apabila kanker sudah tumbuh besar atau telah menyebar.

Pencegahan dan solusi: makan makanan yang mengandung antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan hindari rokok dan asap rokok.

Bronkitis

Penyebab: merupakan peyakit peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa dikarenakan infeksi bakteri, kuman, atau virus. Penyebab lainnya adalah debu, asap rokok,  atau polutan udara.

Gejala: batuk disertai dengan demam dan dahak berwarna kuning jika penyebabnya adalah infeksi kuman. Sedangkan jika sudah kronis dapat terjadi batuk berdahak serta sesak napas selama berbulan-bulan bahkan bisa beberapa tahun.

Pencegahan dan solusi: tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan. Sedangkan untuk menghentikan bronkitis kronis hentikan kebiasaan merokok Anda dan juga hindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.

Emfisema

Penyebab: disebabkan oleh hilangnya keelastisan alveolus. alveolus adalah gelembung-gelembung yang ada dalam paru-paru. Penderita penyakit ini volume paru-parunya lebih besar dibanding dengan orang yang normal. Asap rokok dan kekurangan enzim Alfa-1 adalah penyebab utamanya.

Gejala: sesak napas dalam waktu yang lama dan tidak dapat diatasi dengan obat yang digunakan penderita asma, nafsu makan menurun dan berat badanpun menurun.

Pencegahan dan solusi: menghindari rokok dan asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini

Asma

Penyebab: disebabkan oleh penyempitan sementara pada saluran pernapasan yang menyebabkan penderita sulit untuk bernapas. Penyempitan ini terjadi pada pembuluh tenggorokan. Penyakit ini juga bisa dari faktor keturunan, perubahan suhu, debu, dan kelembaban, gerak badan yang berlebih atau ketegangan emosi.

Gejala: sulit bernapas disertai suara mengi.

Pencegahan dan solusi: hindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi pada penderita sehingga terjadi serangan asma.

Pneumonia

Penyebab: infeksi  jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh  virus, bakteri, atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus (Streptococcus).

Gejala: batuk berdahak, dahak berwarna kuning dan kental, sesak napas disertai dengan demam dan sakit pada dada.

Pencegahan dan solusi: jaga daya tahan tubuh dan kebersihan. Biasakan untuk mencuci tangan, berolahraga secara teratur dan makan makanan bergizi.  


Artikel Sebelumnya
Program Penatalaksanaan Asma
Artikel Selanjutnya
Peraturan Menteri No. 63 Pencantuman Informasi Kandungan gula, Garam Dan Lemak

Upcoming Agenda
12 November 2018

Hari Kesehatan Nasional Ke-54

30 Oktober 2018

Hari Psoriasis Sedunia 2018

29 Oktober 2018

Hari Stroke Sedunia 2018

25 November 2018

Flashmob Hari Diabetes Sedunia , Monas - Bundaran HI

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Departemen Kesehatan Indonesia