15 Oktober 2016

Jaga Mata Si Jendela Hati

Jaga Mata Si Jendela Hati
Oleh : aulia

Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidaklah susah. Anda bisa mengolah makanan dengan kandungan vitamin A dan betakaroten menjadi masakan lezat, dan si bola mata indah pun terjaga kesehatannya. Asupan gizi dan nutrisi dari makanan itu juga berkaitan erat dengan kesehatan mata. Makanan apa saja sih yang bisa meningkatkan kesehatan mata kita?

• Wortel. Wortel dan buah-buahan berwarna oranye dan sayuran lain, dapat meningkatkan dan melindungi kesehatan mata. Beta karoten (sejenis vitamin A) yang terkandung didalamnya membuat warna buah tersebut menjadi oranye.Beta karoten inilah yang membantu retina dan bagian lain dari mata agar berfungsi dengan baik.

• Sayuran berdaun hijau

. Selain mengandung banyak serat, sayuran juga bisa meningkatkan kesehatan mata kita. Zat yang disebut lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang baik untuk penglihatan kita. Lutein dan zeaxanthin juga bisa menurunkan risiko untuk mengembangkan degenerasi makula dan katarak.

• Telur

. Kita juga bisa mendapatkan lutein dan zeaxanthin dari kuning telur. Kuning telur juga bisa membantu untuk mengurangi risiko degenarasi makula,

• Jeruk dan Tomat.
 Buah-buahan sejenis jeruk-jerukan, jeruk, lemon, atau jeruk nipis, serta tomat, adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

• Kacang-kacangan. Kacang hijau, kemiri dan kacang mede kaya akan vitamin E yang dapat memperlambat degenerasi makula.

• Ikan berlemak. Tuna, salmon, ikan sardine kaya akan DHA, asam lemak yang bisa ktia temukan di dalam retina.

Tukar dan Gandakan Manfaatnya!

Asupan makanan Anda bisa jadi lebih sehat dengan dua cara ini :

• Ganti kentang, pilih ubi Ubi juara soal sumber vitamin A, yang sangat baik untuk menyehatkan mata dan mencegah rambut serta kulit kering. Ubi juga lebih tinggi serat, rendah indeks glikemiknya sehingga mampu menyediakan energi dalam jangka panjang serta mengurangi keinginan ngemil.

• Ganti nasi putih dengan nasi merah Jika Anda gemar makan sushi, nasi untuk sushi secara tradisional dibuat dengan gula, jadi untuk mengakalinya cari sushi yang dibuat dengan beras merah. Memang agak susah mencarinya, tapi sekarang mulai banyak tersedia.

• Ganti santan dengan susu kedelai, atau susu rendah lemak sebagai pengganti krim Untuk membuat sayur bobor atau lodeh, ganti santan dengan kemiri sangrai dan bumbu-bumbu yang lebih banyak. Dengan begitu, rasa sayur tetap mantap dan tak membuat otak kita masih merasa ’kurang kenyang’. Jika untuk salad, saus favorit Anda adalah yang mayones, kurangi jumlahnya sebagian, dan ganti dengan alpukat. Perbandingannya, satu mayones banding satu alpukat (dalam gram yang sama). Dengan begitu, meski secara hitungan lemak tak jauh berkurang, nutrisinya bertambah.  


Artikel Sebelumnya
Pola Makan Rendah Glikemik, Apakah Itu?
Artikel Selanjutnya
Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia