27 Januari 2017

Pola Makan Penangkis Diabetes

Pola Makan Penangkis Diabetes
Oleh : omeoo
Pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci penting untuk menangkis mampirnya diabetes.

Inilah dia pola diet sehat yang perlu Anda tahu dan lakukan dari sekarang, agar terhindar dari risiko tersebut: 1.  Perbanyak porsi buah-buahan segar, sayuran, dan kacang-kacangan. Semakin bervariasi jenis buah dan sayur yang Anda asup, semakin baik.

2. Kurangi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, atau tepung-tepungan dan ganti berselang-seling sumber karbohidrat Anda sehari-hari dengan beras merah, kentang, atau jagung.

3. Jaga agar kurang dari 10% dari total asupan energi berasal dari gula. Ini setara dengan 50 g (atau sekitar 4 sendok makan) untuk orang dengan berat badan sehat mengkonsumsi sekitar 2000 kalori per hari.  Idealnya, asupan gula kurang  dari 5% dari asupan energi total untuk manfaat kesehatan tambahan. Hati-hati bahwa kebanyakan gula ditambahkan ke makanan atau minuman kemasan oleh produsen. Batasi cemilan macam ini. Gula juga dapat ditemukan dalam bentuk gula alami seperti yang terdapat dalam madu, jus buah, dan juga jus buah konsentrat

4. Batasi hingga kurang dari 30% dari total asupan energi seharian berasal dari lemak, terutama lemak jenuh.  Pilih makanan dengan kadar lemak tak jenuh  (biasa ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, bunga matahari, canola dan minyak zaitun). Batasi dengan seksama pilihan makanan lemak jenuh (dalam bentuk daging berlemak, mentega, kelapa dan kelapa sawit, krim, keju ghee, dan lemak babi).

5. Hindari juga terlalu banyak kemasukan lemak trans industri. Biasanya terdapat dalam makanan olahan, makanan cepat saji, makanan ringan, makanan goreng, pizza beku, pie, kue, margarin.

Diabetes di Indonesia

Ini angka-angka yang perlu Anda ketahui!

• Pada 2015 Indonesia menempati peringkat ketujuh dunia untuk prevalensi penderita diabetes tertinggi di dunia bersama dengan China, India, Amerika Serikat, Brazil, Rusia dan Meksiko dnegan jumlah estimasi orang dengan diabetes sebesar 10 juta (IDF Atlas 2015)

• Diabetes dengan Komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia (SRS 2014)

• Persentase Kematian akibat diabetes di Indonesia merupakan yang tertinggi setelah Sri Lanka

• Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat yaitu dari 5.7% (2007) menjadi 6.9% (2013).

• Prevalensi berat badan berlebih atau overweight (13.5% Riskesdas 2013) dan obesitas (15.4%, Riskesdas 2013) yang merupakan salah satu faktor risiko terbesar diabetes meningkat terus dibandingkan Riskesdas 2007 dan 2010.  


Artikel Sebelumnya
Penyakit Autoimun Dan Wanita
Artikel Selanjutnya
Kenali Dan Cegah Kanker Kolorektal