24 Januari 2017

Pemanis Buatan, Mana yang Aman?

Pemanis Buatan, Mana yang Aman?
Oleh : omeoo

Konsumsi gula pasir per hari harus dibatasi demi menjaga kesehatan. Anda tentu tidak ingin terkena penyakit degeneratif bukan? Penambahan berat badan, diabetes dan penyakit jantung hanyalah sedikit dari penyakit degeneratif yang dapat Anda idap karena terlalu banyak mengonsumsi gula. Memang di pasaran kini tersedia banyak pemanis pengganti gula, namun Anda harus cerdas dan bijak  dalam memilih.

1. Madu adalah pemanis alami yang mengandung beragam manfaat, seperti vitamin dan mineral. Madu pun bermanfaat mengurangi rasa cemas, dan mengobati gangguan pencernaan. Tentu saja konsumsinya harus dibatasi, karena bagaimana pun Madu = Gula.Agave nektar merupakan ekstrak tanaman agave (semacam kaktus) yang mengandung indeks glikemik rendah. Namun, karena mengandung fruktosa yang cukup tinggi, konsumsi agave penuh perhitungan, dan jangan berlebihan.

2. Sweetleaf dan Truvia adalah alternatif gula yang terbuat dari semacam herbal yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Rasanya 40 kali lebih manis dari gula tapi nol kalori dan tidak membuat gula darah melonjak. Rasanya seperti gula dengan indeka glikemik hampir nol.

3. Xylitol adalah gula alkohol natural dan dapat ditemukan di buah beri dan jagung. Xylitol memiliki hanya 9 kalori persatu sendok teh dan indeks glikemik lebih rendah dari gula biasa. Xylitol juga berfungsi mencegah bakteri penyebab plak melekat di gigi sehingga mencegah kerusakan gigi. Tapi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut, kembung dan diare.

4. Stevia kabarnya tiga ratus kali lebih manis dari gula. Stevia adalah ramuan yang ditemukan di Amerika Selatan dan digunakan sebagai suplemen makanan sebagai pengganti gula. Tidak memiliki kalori dan juga tidak meninggalkan dampak glisemik, yang membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes dan mereka yang mencoba untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Yang Ini Juga Manis

• Jus buah: juga merupakan pengganti umum untuk gula. Tapi, sangat penting untuk minum jus dengan tidak menambahkan gula di dalamnya. Hindari juga untuk menambahkan pemanis seperti sirup atau susu.

• Molase: walau sama-sama dibuat dari tebu, molase adalah justru bahan yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan gula kristal. Molase tidak hanya manis tetapi juga merupakan sumber yang baik dari zat besi dan kalsium.

• Gula kelapa: dikenal juga sebagai gula aren terkenal dan sangat baik karena memiliki indeks glikemik rendah.

• Kurma: diproduksi dari buah kurma yang telah dikeringkan dengan mendehidrasi buah tersebut. Manfaat gizi dari kurma dan rasa manis di dalamnya menjadikan kurma baik digunakan sebagai alternatif dari gula.

• Sirup beras merah: dibuat dari beras merah yang dididihkan, sirup gluten ini memiliki banyak manfaat dari beras merah yang sehat. dan dapat digunakan sebagai pengganti gula seperti dalam makanan pancake dan salad.


Artikel Sebelumnya
Olahraga Murah Tanpa Alat Di Rumah
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Gejala Awal Kanker

Upcoming Agenda
31 Mei 2020

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020

25 Mei 2020

Hari Tiroid Sedunia 2020

17 Mei 2020

Hari Hipertensi Sedunia, 17 Mei 2020

10 Mei 2020

Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2020

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia