12 Juni 2019

Anak perlu 30 menit bermain di luar

Anak perlu 30 menit bermain di luar

Seorang anak bermain dengan sang nenek sambil menyanding laptop di persawahan, bergembira di alam terbuka sambil beraktifitas fisik meningkatkan kebugaran (Foto : Sasint)

Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Anak-anak didorong untuk kembali menggunakan waktu mereka di "alam liar" selama 30 menit sebagai pengganti kegiatan penggunaan komputer.

Permintaan untuk kembali memperbarui hubungan dengan alam ini diungkapkan oleh hampir 400 organisasi mulai dari taman bermain sampai dinas pelayanan kesehatan Inggris, NHS.

Mereka tergabung dalam Wild Network yang menginginkan anak-anak untuk melakukan aktivitas luar ruangan seperti berkemah atau bermain dengan bahan-bahan mainan yang diambil dari alam.

"Kebenaran yang tragis adalah bahwa anak-anak telah kehilangan kontak dengan alam dan lingkungan di luar rumah hanya dalam satu generasi," kata ketua Wild Network Andy Simpson.

Pernyataannya ini mengacu kepada penemuan sebelumnya bahwa sedikit sekali anak yang berinteraksi dengan alam.

Penyelenggara mengatakan bahwa mengganti aktivitas bermain di depan layar komputer dengan bermain di luar selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan tingkat kebugaran, kewaspadaan dan kesehatan anak.

"Semakin banyak orang tua yang khawatir dengan dominasi layar dalam kehidupan anak-anak mereka, dan semakin banyak bukti ilmiah mengatakan bahwa berkurangnya aktivitas adalah berita buruk bagi kesehatan dan kebahagiaan anak-anak kita. Karena itu kita semua perlu kembali mempromosikan alam untuk bermain," kata Simpson.

"Tambahan 30 menit waktu di luar setiap hari untuk semua anak usia di bawah 12 tahun di Inggris setara dengan tiga bulan masa kecil yang mereka dihabiskan di luar rumah." (BBC)

#RajinAktifitasFisik


Artikel Sebelumnya
Ratusan Petugas Kpps Meninggal, Idi Usulkan Tes Kesehatan, Peneliti Sarankan Pengetatan Kriteria
Artikel Selanjutnya
Perokok Berisiko Tinggi Terserang Stroke Berkali-kali

Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia