11 Oktober 2017

5 Tanda Kekurangan Vitamin D

5 Tanda Kekurangan Vitamin D
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Depresi

Diagnosa depresi sebenarnya sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Hubungannya belum jelas. Para pakar kesehatan memperkirakan, mineral vitamin D mungkin bekerja di bagian otak yang sama dan mempengaruhi hormon yang sama seperti serotonin - yang memiliki efek terhadap suasana hati seseorang.

Rasa Sakit Kronis

Penderita artritis dan fibromyalgia (kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon) mungkin juga kekurangan vitamin D. Karena kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi. Vitamin D yang cukup juga bisa mencegah rasa pegal setelah berolahraga dan mempercepat pemulihan otot.

Patah Tulang

Massa tulang berhenti tumbuh di usia sekitar 30 tahun. Kurangnya vitamin D bisa mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Ini menurut studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition. Hampir tidak mungkin untuk mencukupi kebutuhan vitamin D hanya melalui makanan. Vitamin D juga harus diperoleh melalui sinar matahari dan suplemen.

Letih

Otot yang kuat bukan hanya berkat asupan zat besi. Kekurangan vitamin D bisa membuat Anda kerap merasa letih, walau Anda sudah istirahat dan tidur dengan cukup. Vitamin D yang cukup bisa membuat Anda merasa lebih kuat, berapuapun usia Anda.

Keringat Berlebih

Sulit untuk mendeteksi pada bayi yang baru lahir akan kekurangan vitamin D. Tanda pertamanya adalah kening yang berkeringat. Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa. Jadi jika kening Anda terus bekeringat, sementara suhu tubuh Anda normal, tidak ada salahnya Anda melakukan tes vitamin D di dokter.

Penulis: vlz/yf (womenshealth, prevention.com)


Artikel Sebelumnya
Studi: Perut Buncit Penyebab Tulang Rapuh
Artikel Selanjutnya
Germas Cegah Stroke

Upcoming Agenda
15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

03 Desember 2019

Hari Disabilitas Internasional 2019

14 November 2019

Hari Diabetes 2019

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia