25 Oktober 2016

Butuh Berapa Banyak Garam Tubuh Kita Per Hari?

Butuh Berapa Banyak Garam Tubuh Kita Per Hari?
Oleh : aulia

Pasti tidak sedikit dari Anda yang sudah tahu kalau terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, jantung, gangguan ginjal, dan hipertensi. Nah agar tidak terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut, butuh berapa banyak garam tubuh kita per hari sebenarnya?

Berdasarkan rekomendasi nutrisi dari Health Canada, tubuh kita cuma membutuhkan 115 miligram sodium per hari untuk hidup sehat. Sebagai perbandingannya, 1 sendok teh garam mengandung 2.000 miligram sodium.

Sedangkan berdasarkan UK RNI (United Kingdom Reference Nutrient Intakes) batas minimum 575mg dan maksimum 1.600mg.

Takaran ini memang bisa bermacam-macam, tergantung iklim negara kita tinggal. Contohnya, di iklim yang panas, seperti di Indonesia, kita butuh garam lebih banyak karena ketika tubuh berkeringat, tubuh kita mengeluarkan sodium. Peni M. Hartanto, seorang konsultan nutrisi dan diet mengatakan bahwa di negara kita tidak ada penetapan kebutuhan natrium secara khusus.

Tapi badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menganjurkan untuk membatasi konsumsi sodium 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari. Kemungkinan kekurangan garam untuk kita yang tinggal di Indonesia sangat kecil karena sebagian besar makanan yang ada negara kita tinggi kandungan sodiumnya.

Bahkan pada menu-menu diet juga tinggi kandungan sodiumnya, seperti South Beach Diet, yang mencakup 2.300 sampai 6.700mg sodium per hari. Menurut dr Peni, dengan hanya mengonsumsi bahan alami dan menghindari makanan olahan, jumlah sodium yang dikonsumsi akan berada di batas normal. Makanan-makanan yang tinggi kandungan sodiumnya, seperti keripik, sup kaleng, daging olahan, ikan asin, kecap, saos tomat, kaldu ayam blok, serta keju sebaiknya dihindari atau minimal dikurangi karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang dapat menjadi pemicu sakit jantung, stroke, dan masalah pada ginjal. Secara umum, semakin banyak bahan makanan tersebut diolah dan diproses, akan makin tinggi kandungan sodiumnya.

Sumber: http://www.readersdigest.co.id/nutrisi/butuh+berapa+banyak+garam%3f


Artikel Sebelumnya
Orangtua Dengan Anak Disabilitas Sering Melupakan Ini
Artikel Selanjutnya
Nasi Goreng, Makanan Berminyak Tinggi Yang Wajib Diwaspadai

Upcoming Agenda
12 Maret 2020

Hari Ginjal Sedunia 2020

03 Maret 2020

Hari Pendengaran Sedunia 2020

15 Februari 2020

Hari Kanker Anak Sedunia 2020

04 Februari 2020

Hari Kanker Sedunia 2020

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia