17 Oktober 2016

Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Oleh : aulia

Mungkin banyak yang tidak mengira kalau berlatih yoga selain bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang juga bisa meringankan tekanan darah tinggi. Kabar baik untuk mereka yang menderita hipertensi ini bukan isapan jempol belaka karena disampaikan oleh seorang peneliti dari fakultas kedokteran University of Duisburg-Essen, Jerman, Holger Cramer.

Hasil penelitiannya yang sudah diterbitkan di American Journal of Hypertension itu mengungkapkan sebuah fakta bahwa para penderita hipertensi diketahui mengalami penurunan tekanan darah setelah melakukan yoga dengan rutin. Dari 452 pasien yang menderita hipertensi dilibatkan dalam penelitian tersebut, sebagian diminta untuk cuma melakukan terapi hipertensi untuk menurunkan tekanan darahnya.

Sedangkan sebagian peserta lainnya diminta untuk rutin melakukan yoga selama 8 minggu. Hasilnya sungguh mencengangkan karena diketahui mereka yang rutin melakukan yoga mengalami penurunan tekanan darah diastole dan sistole lebih banyak ketimbang mereka yang cuma melakukan terapi hipertensi. Angka rata-ratanya adalah lebih rendah sampai 7 mmHg untuk diastole dan 10 mmHg untuk sistole.

Sebelum terungkapnya hasil penelitian ini, sudah ada beberapa hasil penelitian yang menyebutkan hubungan yoga dengan penyembuhan berbagai penyakit lainnya seperti asma, jantung, skizofrenia, gejala menopause, penyakit kardiovaskular, depresi, kanker payudara, dan nyeri punggung.

Melihat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari rutin melakukan yoga, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk rutin melakukan yoga. Tapi ingat, lakukan yoga dengan benar dan usahakan untuk selalu didampingi oleh ahlinya agar aman dan manfaat yang kita dapatkan bisa lebih maksimal.

Sumber: http://www.readersdigest.co.id/olah-tubuh/yoga+meringankan+hipertensi  


Artikel Sebelumnya
Faktor Penyebab Terjadinya Synesthesia Menurut Peneliti Australia
Artikel Selanjutnya
Penyintas Kanker Payudara Berisiko Meninggal Akibat Sakit Jantung

Upcoming Agenda
04 Maret 2021

Hari Obesitas Sedunia 2021

03 Maret 2021

Seminar Kesehatan : Peduli Kesehatan Pendengaran Untuk Semua

25 Februari 2021

Seminar Kesehatan: Apa yang harus dilakukan oleh Penyandang Kanker di masa Pandemi?

03 Maret 2021

Hari Pendengaran Sedunia 2021

Selengkapnya
Newsletter

Tetap terhubung dengan kami untuk Update info terbaru agenda-agenda PTM Kementerian Kesehatan Indonesia